Dekan Fakultas sastra dan Budaya (FSB) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Nony Bassalama menyebut kegiatan Bulan Sastra adalah bagian tanggung jawab kita sebagai bangsa Indonesia.

"Karena kita sebagai bangsa Indonesia harus menjunjung tinggi identitas kita sebagai negara yang berbahasa," kata dia di Gorontalo, Jumat.

Nony mengapresiasi kegiatan Bulan Sastra yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMJ Bastrasia) Universitas Negeri Gorontalo.

Ia mengatakan di sela-sela waktu belajar dan kegiatan, Himpunan Jurusan Bahasa dan sastra Indonesia mau menghasilkan dan mementaskan kegiatan Bulan Sastra ini secara regional dan mampu menjalin kerja sama.

Menurut dia, kegiatan Bulan Sastra tersebut mampu membuat mahasiswa untuk menghasilkan karya-karya sastra, dan pada saat yang bersamaan dapat menumbuhkan rasa cinta pada identitas dan budaya yang dimiliki.

Ia berharap kegiatan itu bisa berjalan dengan lancar dan sukses dan mampu meningkatkan semangat mahasiswa dalam menghasilkan karya-karya sastra dan kembali mencintai karya sastra.

Nony berharap melalui karya-karya sastra yang dihasilkan oleh mahasiswa dapat menumbuhkan dan mampu memelihara nilai-nilai seperti nilai tanggung jawab yang tinggi, jujur dan moralitas yang tinggi menjaga berbagai hal yang dilarang oleh agama.

"Nilai-nilai itu jangan hanya menjadi wacana saja dan tidak terintegrasi dalam diri kita, tapi bagaimana kita mempersembahkan identitas kita sebagai manusia yang memiliki nilai-nilai luhur salah satunya tanggung jawab," ujar dia.

Ia berharap nantinya kegiatan Bulan Sastra dilaksanakan secara nasional dan ia akan mendukung penuh kegiatan tersebut.*

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024