Pemerintah Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo mencanangkan program menanam pohon di tepi jalan raya dengan tema Hijaukan Gorontalo, yang dimulai dari Kecamatan Tibawa hingga Telaga.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo Senin mengatakan, bibit pohon yang ditanam yaitu sirsak, tebabuya, tanjung, kaliandra, dan gelondokan cabang.

"Penanaman dilakukan di daerah pinggiran jalan. Karena ini daerah protokol yang menjadi contoh bagi kita semua," kata Nelson.

Menurut Bupati Gorontalo, bibit pohon yang ditanam dapat melestarikan lingkungan, menumbuhkan keindahan serta memiliki nilai ekonomi.

"Jadi, ekologi, ekonomi, dan estetika yang kita lakukan," katanya.

Bupati dua periode itu berharap, melalui Dinas Lingkungan Hidup penanaman pohon tersebut dapat ditata dengan bagus. Baik yang sudah ada maupun yang akan ditanam.

Program penanaman sepanjang jalan utama tersebut, merupakan kolaborasi Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, dan juga Satuan Polisi Pamong Praja terkait dengan pengawasan hewan lepas, termasuk kolaborasi dengan camat, kepala desa, dan lurah.

"Sehingga mudah-mudahan targetnya pada 5 Juni nanti, sudah tertanam semua. Bertepatan dengan Hari Lingkungan hidup," katanya.

Nelson menambahkan, penanaman pohon itu bukan hanya untuk kepentingan pemerintah, tapi untuk masyarakat, dan masa depan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024