Personel Kepolisian bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo melakukan penanganan cabang pohon yang dianggap membahayakan pengguna jalan.

Kapolresta Gorontalo Kota Kombes Pol. Ade Permana di Gorontalo, Sabtu mengatakan penanganan dilakukan di sejumlah ruas jalan, karena beberapa hari sebelumnya, telah terjadi kecelakaan lalu lintas, yang disebabkan adanya cabang pohon yang menjulur ke badan jalan.

"Atas insiden kecelakaan itu, kami bersama DLH Kota Gorontalo, memangkas cabang-cabang pohon yang dinilai mengancam keselamatan pengguna jalan," kata Kapolresta.

Ia mengatakan selain yang sudah menjulur ke badan jalan, pemangkasan dilakukan terhadap cabang pohon yang sudah termakan usia atau rawan patah serta tidak produktif, yang terserang hama penyakit, cabang kering, hingga daun dan ranting yang kondisinya sudah tumpang tindih.

Terlebih kata Kapolresta, di wilayah Kota Gorontalo, sedang mengalami cuaca ekstrim, seperti kondisi cuaca yang cukup panas, lalu tiba-tiba turun hujan beserta angin yang bertiup kencang.

Hal itu tentunya kata Kapolresta, menjadi alasan mengapa pihaknya segera berkoordinasi dengan dinas terkait, sebelum menimbulkan korban atau kejadian serupa.

"Dalam kondisi cuaca saat ini, kita harus meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini, terhadap kemungkinan terjadinya bencana. Lebih baik mencegah, dari pada menyesal kemudian hari,".***

Pewarta: Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024