Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo Sofyan Jakfar resmi melantik 369 anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024 di daerah itu.
"Saya minta agar komunikasi dan koordinasi antara sesama penyelenggara dan pengawas pilkada untuk diperkuat," kata Sofyan pada acara pelantikan 369 anggota PPS di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Minggu.
 
Sebanyak 369 anggota PPS tersebut tersebar di 123 desa di 11 kecamatan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo
 
Sofyan berharap seluruh anggota PPS yang telah dilantik agar dapat bekerja sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku, menerapkan kode etik, bersikap profesional, menjaga integritas dan berlaku transparan.
 
Dia juga menekankan bahwa pilkada 2024, baik pemilihan gubernur dan wakil gubernur Gorontalo maupun pemilihan bupati dan wakil bupati Gorontalo Utara agar tetap memegang teguh asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.
 
"Saya harap para anggota PPS menjaga diri agar tidak terlibat dalam persoalan hukum. Kami tidak mengharapkan bapak dan ibu terlibat dalam kegiatan yang melanggar peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dalam penyelenggaraan pemilu," katanya pula.
 
Setelah pelantikan anggota PPS ini, kata dia, KPU akan berhadapan dengan pemuktahiran data, sehingga dia meminta agar komunikasi dan koordinasi antara sesama penyelenggara dan pengawas pilkada untuk diperkuat.


Sofyan pun mengimbau agar selama pelaksanaan tahapan, seluruh penyelenggara dapat bekerja optimal, termasuk sudah menuntaskan izin atasan di tempat kerja masing-masing agar seluruh tugas dan tanggungjawab dalam melaksanakan tahapan Pilkada dapat berjalan lancar dan tuntas.
Ketua KPU Gorontalo Utara Sofyan Jakfar melantik dan mengambil sumpah sebanyak 369 anggota PPS untuk pilkada 2024. Pelantikan dihadiri KPU Provinsi Gorontalo dan unsur Forkopimda berlangsung di Kecamatan Kwandang, Minggu (26/5/2024).  ANTARA/HO-Humas KPU Gorontalo Utara.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024