Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo membuka pelayanan dokumen kependudukan di auditorium Bone Pesisir di Desa Tihu, Kecamatan Bonepantai.

Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli di Gorontalo, Sabtu mengatakan auditorium Bone Pesisir yang dibangun tahun 2021 oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango difungsikan sementara sebagai Mal Pelayanan Publik (MPP) Bone Pesisir untuk pelayanan satu kali dalam satu pekan.

"Tercatat sebanyak 113 dokumen kependudukan yang diberikan kepada masyarakat," ucap dia.

Meliputi pencetakan KTP-el berjumlah 43 keping, terdiri dari hilang lima keping, rusak delapan keping, dan perubahan 30 keping. Selanjutnya, perekaman KTP-el satu orang, 44 pengurusan Kartu Keluarga (KK), 24 akta kelahiran, dan satu akta kematian.

"Saya senang melihat semakin banyaknya warga masyarakat Bone Pesisir yang memanfaatkan layanan pengurusan dokumen kependudukan di MPP Bone Pesisir. Kebijakan yang bermanfaat untuk warga," kata dia.

Salah seorang warga yang memanfaatkan layanan tersebut Erwin Tumuhulawa merasa terbantu dan puas karena bisa terlayani dengan baik.

"Alhamdulillah pengurusan layanan dokumen kependudukan lumayan banyak dan pelayanannya hingga jelang Magrib masih berlangsung. Jadi kami selaku masyarakat merasa puas dan senang, karena semua terlayani dengan baik," ucap dia.

Erwin mengungkapkan dirinya sebagai bagian dari warga Bone Pesisir, jika ingin ke MPP Bone Bolango di pusat Pemerintahan Kabupaten Bone Bolango di Kecamatan Suwawa, itu harus melewati Kota Gorontalo.

Tentu bagi dirinya dan masyarakat Bone Pesisir secara keseluruhan, terlalu jauh dan butuh waktu, serta biaya transportasi untuk datang ke sana.

"Alhamdulillah dengan adanya MPP Bone Pesisir, pelayanan dokumen kependudukan nya sudah dekat dan pasti semua terlayani, karena pelayanan hingga sore hari. Seperti hari ini,  petugas Dinas Dukcapil Bone Bolango, itu hingga jelang Magrib tetap memberikan pelayanan sampai semua warga terlayani," kata dia.

Ia pun berharap dengan makin meningkatnya jumlah masyarakat Bone Pesisir dalam mengurus dokumen kependudukan, ke depan agar fasilitas di MPP Bone Pesisir terus ditambah. Termasuk juga untuk layanan perizinan usaha agar rutin dilaksanakan di sini," harap Erwin.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024