Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo memastikan bayi baru lahir di Rumah Sakit dr Zainal Umar Sidiki di daerah itu, langsung menerima akta kelahiran.

"Kami berhasil membangun kerja sama dengan pihak rumah sakit di daerah ini sebagai bentuk dukungan terhadap pemenuhan hak anak melalui penerbitan akta kelahiran," kata Kepala Disdukcapil Gorontalo Utara, Sarce Kandou di Gorontalo, Jumat.

Kerja sama tersebut telah terealisasi sejak Tahun 2023 sebagai salah satu inovasi dalam mengoptimalkan pelayanan publik terkait administrasi kependudukan, utamanya mendukung upaya pemerintah daerah dalam merealisasikan Kabupaten Layak Anak dengan pemenuhan hak anak di daerah ini, diantaranya mendapatkan akta kelahiran secara cepat dan gratis.

"Alhamdulillah inovasi ini mendapat respon positif pihak rumah sakit sehingga sepanjang Tahun 2023 telah ada 165 akta kelahiran dicetak untuk anak yang dilahirkan di rumah sakit dr Zainal Umar Sidiki," katanya.

Inovasi tersebut akan dikembangkan Tahun 2024 ini, yaitu menjalin kerja sama dengan seluruh puskesmas di daerah ini. Ada 15 puskesmas tersebar di 11 kecamatan.

"Kami berharap setiap anak yang dilahirkan di puskesmas pun dapat langsung mengantongi akta kelahiran," katanya.

Sarce menambahkan inovasi tersebut diharapkan memudahkan masyarakat mendapatkan layanan publik terbaik khususnya mereka yang tinggal di wilayah yang jauh dari pusat pemerintahan.

"Harapan kami, setiap anak yang dilahirkan di seluruh fasilitas kesehatan baik rumah sakit maupun puskesmas, langsung mendapatkan identitas melalui kepemilikan akta kelahiran," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024