Setda Bagian Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bone Bolango mencatat hewan kurban di seluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, untuk Idul Adha 1445 Hijriah berjumlah 949 ekor.

Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bone Bolango Erna Patutie, Senin, mengatakan bahwa ratusan hewan kurban tersebut, tersebar di seluruh kecamatan di daerah itu, meliputi 947 ekor sapi dan dua ekor kambing.

"Untuk hewan kurban terbanyak, tersebar di empat kecamatan, meliputi Kecamatan Tilongkabila berjumlah 143 ekor sapi, disusul Kecamatan Kabila berjumlah 134 ekor sapi, Bulango Selatan 85 ekor sapi, dan Suwawa 82 ekor sapi dan dua ekor kambing," ucap dia.

Erna menjelaskan, Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli pada hari raya Idul Adha 1445 Hijriah menyumbangkan tujuh ekor sapi secara pribadi. Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Ishak Ntoma menyumbangkan satu ekor sapi kurban.

Erna mengatakan jumlah hewan kurban tahun ini memang mengalami penurunan, karena berdasarkan data hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha 1444 Hijriah mencapai 1.245, meliputi 1.231 ekor sapi dan 14 ekor kambing.

Ia berharap makin banyak hewan kurban yang disembelih, maka makin banyak masyarakat kurang mampu atau kaum dhuafa yang mendapatkan dan menikmatinya, karena selama ini mungkin mereka kurang makan daging.

"Insya Allah dengan kita berkurban, makin banyak masyarakat dan saudara kita kaum dhuafa bisa merasakan daging kurban ini di Hari Raya Idul Adha tahun ini," cakap dia.*

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024