Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut jumlah hewan kurban sapi dan kambing yang disembelih pada Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah tahun ini ada kenaikan jumlah hewan kurban kita 264 ekor. Tahun lalu hanya 2.943 ekor, tahun ini menjadi 3.207 ekor," ucap Nelson di Gorontalo, Selasa.

Menurut dia, peningkatan tersebut tidak terlepas dari upaya para pengusaha, perbankan, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta pemerintah kecamatan hingga desa yang telah menyosialisasikan pentingnya berkurban.

Nelson menilai, dengan meningkatnya jumlah hewan kurban tahun ini, hal itu menandakan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berkurban meningkat.

Ia mengungkapkan salah satu makna hari raya kurban adalah menjalin dan mempererat hubungan silaturahim dengan kaum fakir miskin. Di samping itu, tentu saja memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail.

Nelson pun mengatakan jika Pemerintah Kabupaten Gorontalo memastikan kesehatan hewan kurban sapi dan kambing yang disembelih perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban sapi dan kambing dilakukan oleh dokter dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo.

Nelson menegaskan jika salah satu persyaratan hewan yang akan dikurbankan tentu harus sehat, dan di Kabupaten Gorontalo sudah ada tim kesehatan hewan, dokter dan mantri hewan yang menyebar di seluruh wilayah.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024