Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Idham Kholik mengunjungi Provinsi Gorontalo untuk pemantauan kesiapan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di Kabupaten Gorontalo.

Idham di Gorontalo, Jumat mengapresiasi kesiapan KPU setempat untuk melaksanakan PSU.

"Selain kesiapan, saya juga mengapresiasi koordinasi yang dilakukan KPU dengan pihak Kepolisian dan TNI dalam mengawal dan mengamankan pelaksanaan PSU pasca putusan Mahkamah Konstitusi," katanya.

Komisioner KPU sekaligus Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Gorontalo Hendrik Imran mengatakan pihaknya terus memantau persiapan pelaksanaan PSU oleh KPU Kabupaten Gorontalo, termasuk mendampingi kegiatan KPU RI dalam supervisi dan memonitor kesiapan TPS jelang PSU.

"Sebagaimana penyampaian Pak Idham, kami pun berharap pelaksanaan PSU ini dapat berjalan aman, lancar dan tertib," katanya.

PSU akan dilakukan di satu tempat pemungutan suara (TPS) untuk DPRD Kabupaten Gorontalo sesuai putusan Mahkamah Konstitusi(MK).

PSU tersebut berlangsung 21 hari sejak putusan dibacakan atau akan digelar pada Sabtu, 22 Juni 2024 di TPS 002 Desa Tuladenggi, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo.

Seluruh pelaksana PSU akan ditangani langsung oleh pihak KPU Kabupaten Gorontalo, termasuk bertindak sebagai kelompok panitia pemungutan suara (KPPS).

Hendrik mengatakan Komisioner KPU RI Idham Kholik akan melakukan supervisi dan memonitor pelaksanaan PSU mulai pukul 08.00 WITA hingga pukul 12.00 WITA. Termasuk memantau proses penghitungan suara mulai pukul 14.00 WITA hingga 15.00 WITA.

"Kami terus mengajak masyarakat khususnya wajib pilih di TPS tersebut untuk dapat menggunakan hak suaranya dalam PSU," imbuhnya.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU RI pantau kesiapan pelaksanaan PSU Gorontalo

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024