Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kodim 1304 Gorontalo menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) 55 unit traktor tangan dari Kementerian Pertanian RI melalui Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Penyerahan alsintan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim di Kantor Kodim 1304 Gorontalo, Selasa.

"Dalam rangka percepatan pertanian, harus sudah menggunakan alat mesin pertanian, oleh karena itu, alsistan ini harus digunakan dalam waktu yang lama," kata Wakil Gubernur.

Idris Rahim menjelaskan bahwa sudah menjadi tugas bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk petani.

"Memang masalah mendasar petani selama ini yaitu biaya pengolahan tanah yang besarnya untuk satu hektare saja bisa mencapai Rp2juta-Rp3juta," ucap Idris Rahim.

Idris mengatakan harus ada standar operasional prosedur yang nanti akan dibuatkan Dinas Pertanian provinsi Gorontalo dan Kodim 1304 Gorontalo.

"Standar operasional dibutuhkan agar alsintan ini bisa digunakan dalam rangka peningkatan produksi pertanian menuju swasembada pangan dan meningkatkan pendapatan petani," katanya.

Sementara itu, Dandim 1304 Gorontalo, Letnan Kolonel (Letkol) TNI Arm Yuniar Dwi Hantono mengatakan, sudah menjadi salah satu tugas dari TNI yaitu membantu pemerintah daerah, dalam rangka upaya khusus swasembada pangan.

"Maka Kementerian Pertanian melalui Pemerintah Provinsi Gorontalo, maka Kodim 1304 Gorontalo mendapatkan bantuan 55 unit traktor tangan yang akan digunakan di seluruh Koramil dan Babinsa yang tersebar.

Dandim menjelaskan bahwa traktor tersebut bukan digunakan oleh Koramil atau Babinsa, melainkan merangkul petani atau kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan untuk dapat memanfaatkan alsintan tersebut.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016