Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melaksanakan job fair program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pusat keunggulan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Suwawa.

Asisten Bidang Administrasi Umum Yosef P. Koton mewakili Penjabat Gubernur Gorontalo membuka dan memberikan sambutan pada penyelenggaraan "job fair" program SMK pusat keunggulan tersebut.

Yosef di Gorontalo, Rabu mengatakan Pemprov sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sangat penting untuk Provinsi Gorontalo serta bagi para alumni SMK ataupun masyarakat pencari kerja.

Kegiatan ini dapat mempertemukan pengusaha dengan para pencari kerja. Maka pelaksanaannya harus intensif dilakukan untuk mengurangi angka pengangguran produktif di Provinsi Gorontalo.

"Setiap tahun angka pengangguran produktif Gorontalo terus meningkat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya lulusan-lulusan universitas maupun SMA/SMK yang tidak tertampung oleh perusahaan. Oleh karena itu kegiatan ini merupakan salah satu solusi untuk permasalahan tersebut," kata Yosef.

Kegiatan job fair ini sudah dicanangkan Pemprov Gorontalo sejak Tahun 2020 dengan nama "Po’otu’ude". Di mana SMK menjalin kerja sama dalam penyusunan kurikulum bersama perusahaan sehingga lulusan di SMK dapat langsung bekerja dengan perusahaan penjalin kerjasama tersebut.

Selain itu juga diharapkan sekolah SMK dapat segera merealisasikan pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), agar para siswa menjadi sangat kompeten melakukan usaha dengan menciptakan produk yang dapat langsung di pasarkan.

Kegiatan ini juga diharapkan berimplikasi ganda dapat melatih para siswa untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan sekolah mendapatkan penghasilan untuk perbaikan sarana prasarana sekolah dan kesejahteraan civitas akademika.

"Saya berharap perusahaan untuk dapat bersinergi dengan pemerintah provinsi dalam mengembangkan investasi di daerah ini, agar iklim investasi lebih baik dan bisa menumbuhkan lapangan pekerjaan yang lebih banyak sehingga akan meningkatkan perekonomian daerah," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024