Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Mochammad Afifuddin menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajarannya di seluruh wilayah, atas kerja keras dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Mochammad Afifuddin di Surabaya mengatakan hal itu berhasil meningkatkan partisipasi Pemilu 2024, dan tercatat telah melampaui target nasional.

"Partisipasi Pemilu 2024 telah mencapai 81 persen," kata Afifuddin.

Ia mengatakan seluruh jajarannya telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab, mulai dari merangkul sampai mengajak orang lain membantu KPU menyukseakan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ia mengatakan KPU harus menjadi penyelenggara yang melayani, melakukan inovasi, kolaborasi, dan sinerdi dalam kerja-kerja penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada.

Ia juga mengatakan, melalui rapat koordinasi nasional (rakornas) divisi sosialisasi dan pendidikan pemilih, menjadi salah satu pendukung sistem divisi-divisi lainnya dalam penyebarluasan informasi.

Dikatakannya lagi, terselenggaranya Pemilu 2024 dengan baik dan lancar juga telah diakui oleh dunia internasional.

Oleh karena itu kata dia lagi KPU juga akan melakukan evaluasi, merumuskan rancangan strategis, serta konsep kegiatan ke depan yang dinilai penting dilakukan.

Selain itu ada juga hal yang berkaitan dengan partisipasi secara otonom atau mandiri, dan partisipasi yang digerakkan dengan pendekatan praktis serta struktural di masyarakat.

"Kami meyakini bahwa pada Pilkada 2024, tingkat partisipasi masyarakat akan meningkat," imbuhnya.*

Pewarta: Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024