Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo berharap pemerintah daerah mengalokasikan anggaran pembinaan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Pembinaan UMKM sangat diperlukan untuk menjadi salah satu program pemerintah daerah agar pelaku maupun kelompok sasaran dapat lebih berkembang baik produksi, promosi maupun pemasaran," kata Ketua DPRD Gorontalo Utara Roni Imran di Gorontalo, Sabtu.

Menurutnya bantuan bagi pelaku UMKM tidak hanya pada permodalan saja, namun pembinaan penting dilakukan agar usaha yang digeluti dapat berkembang dan berkelanjutan.

Efektivitas anggaran dalam program yang dilaksanakan pemerintah daerah dalam menopang geliat di sektor riil dengan mengalokasikan anggaran untuk pengembangan UMKM kata Roni, sangat penting. Apalagi UMKM merupakan sektor riil yang cukup mempengaruhi geliat ekonomi daerah.

Olehnya sinergi antara program dan alokasi anggaran perlu diwujudkan melalui pemanfaatan yang efektif sehingga menghasilkan kesinambungan dalam kegiatan yang dilaksanakan.  

Ukuran keberhasilan dari sebuah anggaran program terletak pada efektivitas-nya, sehingga menurutnya pembinaan untuk pelaku UMKM menjadi salah satu upaya penting dalam mendorong keberlangsungan usaha di sektor mikro tersebut.

Ia berharap sebanyak lima ribu pelaku UMKM tersebar di 11 kecamatan sesuai data Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM setempat, mendapatkan intervensi melalui bantuan anggaran tepat sasaran dan tepat manfaat, termasuk anggaran pembinaan sehingga produk-produk yang dihasilkan memiliki mutu dan kualitas yang baik, inovatif agar diminati pasar dan mampu mengisi pasar sehingga memberikan keuntungan bagi pelaku.

Ia pun berharap bantuan pembinaan dapat memberikan efek yang signifikan dan berkelanjutan bagi para pelaku UMKM.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024