Dua desa di Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo berhasil menerima bantuan mobil angkutan barang untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yaitu Desa Putiana dan Desa Datahu di Kecamatan Anggrek.

"Kita syukuri bantuan yang bersumber dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia untuk Bumdes di dua desa yang ada di Kecamatan Anggrek. Alhamdulillah saya sudah meneruskan bantuan dengan menyerahkannya langsung di dua desa tersebut," kata Penjabat Bupati Gorontalo Utara Sila Botitihe di Gorontalo, Sabtu.

Menurut dia, bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat bagi Bumdes yang ada di wilayah-wilayah terpencil namun dinilai berhasil dalam upaya memajukan Bumdes untuk meningkatkan sumber pendapatan desa.

Bantuan mobil angkutan barang untuk masing-masing Bumdes di dua desa tersebut, diharapkan mampu meningkatkan aktivitas perekonomian di desa khususnya dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa agar semakin inovatif sehingga mengalami peningkatan pendapatan sebagai pendapatan asli desa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Gorontalo Utara Thamrin Monoarfa mengatakan, pemanfaatan bantuan tersebut diserahkan sepenuhnya kepada pihak pengelola Bumdes.

"Silahkan disepakati bersama pengelolaan angkutan barang tersebut. Pemerintah daerah berharap dapat dikelola dengan tepat dan dirawat dengan baik agar pemanfaatan-nya jangka panjang," kata Thamrin.

Bantuan akan dievaluasi dalam enam bulan ke depan. "Saya berharap bantuan dikelola sebagaimana tujuan peruntukkan. Serta pengelolaan Bumdes dapat menjadi teladan bagi Bumdes di desa-desa lainnya," imbuhnya.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024