Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mendorong optimalisasi teknologi dalam tata kelola zakat, agar pengelolaan zakat semakin optimal dan efisien.

Pimpinan Baznas RI Bidang Transformasi Digital Nasional Nadratuzzaman Hosen melalui keterangan di Jakarta, Rabu, memaparkan pertumbuhan donasi secara daring menunjukkan tren yang sangat positif.
 
Menurut riset pada tahun 2020, lebih dari 75 persen pengguna internet di Indonesia mengakses layanan keuangan digital, termasuk donasi secara daring, di mana pada tahun 2021, sekitar 60 persen transaksi zakat, infak, dan sedekah di Baznas dilakukan melalui kanal digital.
 
"Hal ini menunjukkan perubahan perilaku muzaki (pemberi zakat) dan pentingnya teknologi dalam mendukung pengelolaan zakat," katanya.


 
Nadratuzzaman juga menekankan pelayanan muzaki dan mustahik tidak selamanya harus dilakukan dengan cara konvensional. Oleh karena itu, perlu adanya bantuan dari kehadiran teknologi, yang saat ini sedang terus dioptimalisasi oleh Baznas.
 
"Oleh karena itu, teknologi menjadi solusi penting untuk mendukung pengelolaan zakat. Beberapa aspek teknologi yang dapat dimanfaatkan antara lain digitalisasi platform zakat online, crowdfunding, big data, AI, mobile apps, fintech, serta sistem monitoring dan pelaporan terpusat," ujarnya.
 
Untuk mendukung upaya tersebut, Direktur Keamanan Informasi, Data, dan Layanan Digital Baznas RI Andrian menjelaskan pihaknya menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Teknologi Informasi (IT) pada 17-19 September 2024 yang diikuti oleh 234 perwakilan dari Baznas provinsi/kabupaten/kota se-Indonesia, sehingga optimalisasi pada tata kelola zakat tidak hanya dikuasai oleh Baznas RI, namun juga seluruh cabangnya guna meraih hasil yang maksimal.


 
"Rakernis ini berfokus pada penyesuaian sistem digital yang digunakan Baznas, terutama dalam memastikan keamanan informasi dalam proses pengelolaan zakat," katanya.
 
Dalam era digital seperti saat ini, Andrian menilai perlindungan data menjadi sangat penting agar seluruh proses pengelolaan zakat bisa berjalan dengan aman dan lancar.
 
Selain keamanan informasi, lanjut dia, Baznas juga mulai menerapkan sistem keamanan dalam proses digital marketing. Hal ini dilakukan untuk melindungi berbagai aktivitas pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan kesadaran publik tentang zakat dan menarik lebih banyak muzaki untuk berpartisipasi melalui kanal digital.


 
"Sebagai bagian dari upaya pengembangan teknologi, Baznas juga memberikan pelatihan kepada para amil. Pelatihan ini bertujuan untuk memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan yang memadai dalam menggunakan teknologi untuk mengelola data di daerah masing-masing secara transparan dan efisien," tuturnya.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Baznas dorong optimalisasi teknologi dalam pengelolaan zakat

Pewarta: Sean Filo Muhamad

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024