Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mulai mempersiapkan penyelenggaraan kegiatan reli kapal layar "Rally Yacht".

Kepala Disbudpar Kabupaten Gorontalo Utara Frits Ano di Gorontalo, Selasa, mengatakan objek wisata Pulau Saronde menjadi salah satu titik singgah para peserta Rally Yacht tahun ini.

Sehingga agenda tahunan tersebut harus dimanfaatkan dengan baik sebab diprediksi ada 200 lebih wisatawan mancanegara akan menikmati keindahan pariwisata kepulauan di daerah ini.

"Sebetulnya, ada beberapa pulau cantik yang potensial dipromosikan sebagai objek wisata bahari andalan, seperti pulau Bugisa, Mohinggito, Lampu, Raja, Mas dan Popaya, namun pulau Saronde merupakan pulau yang telah resmi tercatat dalam agenda tahunan tersebut," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengoptimalkan kunjungan para wisatawan peserta "Rally Yacht", agar mereka bisa tinggal lebih lama di Pulau Saronde dan mengunjungi beberapa pulau yang ada, termasuk objek-objek wisata lainnya yang ada di darat.

"Target Pemerintah Daerah adalah bagaimana para wisatawan dapat berada lama atau "long stay" di daerah ini, maka penyambutan secara adat akan dikemas menarik menampilkan kesenian tradisional Gorontalo, ditambah beberapa atraksi yang diharapkan membuat nyaman dan betah para wisatawan berada di daerah ini," ujar Frits.

Pemerintah Daerah terus berbenah meningkatkan fasilitas khususnya akses transportasi pariwisata di wilayah kepulauan, seperti berupaya menambah armada kapal cepat "speed boat" maupun taksi-taksi perahu serta fasilitas dermaga yang memadai.

Tahun 2015, kata Frits, peningkatan kunjungan pariwisata ke daerah ini terus terjadi dari rata-rata 200 orang per bulan di tahun 2014, menjadi 600 orang per bulan.

Peningkatan yang sama untuk kunjungan wisatawan manca negara dari rata-rata 2-3 orang per bulan meningkat drastis menjadi 20 orang per bulan.

Pihaknya berharap penyelenggaraan Rally Yacht tahun ini bisa ikut mengoptimalkan promosi wisata kabupaten ini sebagai daerah bahari yang memiliki keunggulan panorama pulau-pulau cantik yang bersih dan kaya biota lautnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016