Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo menerima bantuan delapan mobil pemadam kebakaran (damkar) dan satu ambulans dari Toyota Ehime, Jepang.

Bupati Indra Yasin di Gorontalo, Jumat, mengatakan seluruh bantuan tersebut tiba di kabupaten ini melalui Pelabuhan Kota Gorontalo pekan depan.

Bantuan tersebut diberikan Wakil Presiden Toyota Ehime, Tashifumi, kepada Pemerintah Daerah di Wisma Kalla Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Bantuan dari Toyota Ehime Jepang itu senilai Rp10 miliar terdiri dari empat mobil damkar dan satu ambulans produksi Toyota dan empat mobil damkar produksi Nissan.

Bantuan itu merupakan tindak lanjut kerja sama antara Pemerintah Kabupaten dengan Universitas Ehime Jepang serta Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Mobil-mobil tersebut dipastikan untuk meningkatkan pelayanan publik, khususnya pelayanan kesehatan mengingat ambulans itu dilengkapi peralatan super canggih sehingga tindakan medis seperti operasi dapat dilakukan langsung di ambulans tersebut.

Pemerintah Daerah telah melatih tenaga supir damkar dan ambulans, dokter dan perawat yang akan mengoperasionalkan mobil-mobil tersebut yang ditargetkan melayani masyarakat 1x24 jam secara bergerak ke kecamatan-kecamatan.

Mobil damkar disebut Indra sangat dibutuhkan Pemerintah Daerah mengingat angka kebakaran yang terjadi setiap tahunnya cukup tinggi, sementara penanganannya tidak mampu dilakukan karena tidak adanya fasilitas.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016