Puluhan warga di Dusun Kemiri, Desa Biluango, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo bergotong royong membuka rintisan akses jalan alternatif baru untuk menunjang mobilitas masyarakat di wilayah tersebut, Selasa.

Kegiatan gotong royong yang melibatkan puluhan warga di dusun tersebut, dipimpin langsung Kepala Desa Biluango Yakub Djamala dan Kepala Dusun Kemiri Napisa Pakaya.

Kepala Desa Biluango Yakub Djamala menuturkan pembuatan dan pembukaan rintisan akses jalan alternatif baru ini tujuannya untuk memudahkan mobilitas warga yang menggunakan kendaraan, baik roda empat dan roda dua yang akan melalui jalur menuju ke dusun tersebut.

"Untuk diketahui akses jalan menuju ke Dusun Kemiri ini melewati dua sungai kering dengan kondisi bebatuan yang mengkhawatirkan dan membahayakan masyarakat sebagai pengguna akses jalan saat ini," ucap dia.

Bahkan setiap musim penghujan dan banjir kata Yakub, jalur jalan menuju ke Dusun Kemiri tersebut tidak bisa dilalui karena melewati dua sungai itu.

Yakub mengungkapkan akses jalan itu merupakan jalur satu-satunya yang dilalui setiap hari oleh warga untuk menuju ke pusat pemerintahan desa, dan juga mengangkut hasil pertanian dan perkebunan, serta siswa – siswi yang mau ke sekolah.

Ia menjelaskan, Dusun Kemiri adalah merupakan salah satu dusun penghasil biji kemiri terbesar di wilayah Kecamatan Kabila Bone bahkan di Kabupaten Bone Bolango.

"Setiap musim puluhan hingga ratusan ton biji kemiri yang dihasilkan dari area pertanian warga di sini. Olehnya sangat dibutuhkan akses jalan yang memadai untuk menunjang mobilitas kendaraan yang akan mengangkut hasil pertanian biji kemiri di wilayah ini," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024