Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bone Bolango memprioritaskan pengembangan destinasi wisata air terjun Permai Taludaa di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango Yudiawan Maksum di Gorontalo, Jumat, mengatakan sebelumnya pemerintah daerah telah mengintervensi pemerintah desa untuk pengembangan objek wisata tersebut.

"Proposal pengembangan sudah ada sejak tahun 2017, namun karena anggarannya di desa, maka pemerintah desa yang melaksanakannya," kata Yudiawan.

Menurut dia, objek wisata air terjun Taludaa adalah target wisata minat khusus di Provinsi Gorontalo yang telah menjadi salah satu bagian dari Dispar Bone Bolango.

Namun begitu, kata dia, destinasi wisata itu masih belum memiliki fasilitas penunjang seperti wahana khusus dan penginapan di sekitar lokasi maupun kegiatan ekonomi kreatif lainnya.

Hal itu, kata dia, menjadi alasan Dispar Kabupaten Bone Bolango untuk mengintervensi pemerintah desa yang memiliki wewenang dalam pengelolaannya, untuk mengembangkan potensi pariwisata di lokasi tersebut.

Begitupun akses jalan, saat ini sedang dalam tahap perbaikan, namun begitu sebelumnya pemerintah desa juga sudah membangun jalan untuk menuju lokasi air terjun.

Dari sisi promosi, pihaknya juga telah melakukan langkah dan upaya penyebarluasan informasi, untuk mempromosikan destinasi wisata ini agar lebih banyak dikenal hingga ke seluruh Nusantara, bahkan ke internasional.

"Kami berkomitmen membangun dan mengembangkan pariwisata di Kabupaten Bone Bolango agar lebih dikenal hingga mendunia. Hal ini juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah," kata Yudin.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024