Pemerintah Kanada, Rabu, mengumumkan pemberian dukungan finansial transisi kepada  warga Palestina dari Jalur Gaza yang mengungsi ke negara tersebut akibat agresi genosida Israel.

"Bantuan finansial tersebut akan membantu warga Gaza memenuhi kebutuhan dasarnya -- seperti sandang, pangan, dan papan -- ketika berbaur di tengah masyarakat Kanada," kata Pemerintah Kanada dalam satu pernyataan.

Menteri Imigrasi, Pengungsi, dan Kewarganegaraan Marc Miller mengatakan bahwa bantuan tersebut akan membantu para pengungsi menjadi ajek saat berbaur di antara warga setempat dan saat mencari pekerjaan.

"Kami tetap berkomitmen mendukung rakyat Palestina di tengah krisis kemanusiaan yang mereka hadapi di Gaza, dan kami peduli atas nasib semua orang di kawasan tersebut," ucap Miller.

Di samping bantuan keuangan, warga Palestina dari Gaza juga akan menerima bantuan kesehatan selama tiga bulan di bawah Skema Kesehatan Federal Sementara.

Mereka juga akan mendapat akses ke layanan masyarakat, di antaranya latihan bahasa serta panduan hidup di Kanada, seperti pendaftaran sekolah dan pencarian pekerjaan.

"Kami akan terus membantu para pengungsi hidup dan berkembang di tengah masyarakat di seantero Kanada sembari terus menjamin keselamatan semuanya," kata menteri Kanada itu.

Sementara itu, Dewan Nasional Muslim Kanada (NCCM) menyebut pengumuman tersebut sebagai "langkah awal yang positif untuk membantu pendatang dari Palestina".

"Namun, masih banyak yang perlu dilakukan. Hal ini sekadar awalan saja," demikian pernyataan NCCM.


Sumber: Anadolu

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kanada umumkan bantuan keuangan bagi pengungsi Palestina

Pewarta: Nabil Ihsan

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024