Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango menggelar bimbingan teknis (bimtek) penggunaan aplikasi sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Plk Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango Idris Djou di Gorontalo, Jumat mengatakan kegiatan itu menghadirkan seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Bone Bolango.

"Bimtek ini berlangsung selama tiga hari, terhitung mulai 16 Oktober sampai dengan hari ini 18 Oktober 2024 dan menghadirkan seluruh PPS se Bone Bolango," ucap Idris.

Ia menjelaskan bahwa teknis pelaksanaan bimtek tersebut dibagi menjadi tiga gelombang, mengingat jumlah PPS yang ada di Kabupaten Bone Bolango cukup banyak.

Pelatihan itu menurut dia sangat penting dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh PPS, karena merupakan bimbingan teknis penggunaan aplikasi Sirekap pada penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024.

Aplikasi tersebut ucap Idris akan digunakan oleh para KPPS dan PPK dalam Pilkada serentak tahun 2024, oleh karena itu Sirekap juga disampaikan untuk diterapkan kepada KPPS yang akan bertugas pada saat hari pemungutan suara.

Pelatihan itu dipandu langsung oleh Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Bone Bolango Adnan A. Berahim, didampingi Mariane Umar, selaku admin dari aplikasi Sirekap.

"Ini adalah upaya kita dalam mempersiapkan seluruh jajaran penyelenggara Pilkada serentak, pada pelaksanaannya nanti, bisa berjalan sesuai mekanisme dan ketentuan yang ada," kata dia.

Ia menambahkan bahwa seluruh jajaran KPU di Kabupaten Bone Bolango berkomitmen penuh untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024, yang aman, nyaman, lancar dan berintegritas.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024