Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Hari pertama dibukanya penyerahan berkas dukungan pasangan calon perseorangan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Gorontalo tahun 2017 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, masih sepi peminat.

Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Humas KPU Provinsi Gorontalo Aniki Suleman, Rabu mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tempat dan petugas yang akan menunggu pasangan bakal cagub-cawagub dari perseorangan yang akan menyerahkan dokumen dukungan.

"Sampai saat ini pukul 16.00 Wita atau hari pertama belum ada pihak yang mengontak kami untuk menyerahkan berkas dukungan," kata Aniki.

Menurutnya, sejauh ini ada satu pasangan bakal Cagub-Cawagub yang selalu melakukan konsultasi terkait syarat dukungan serta format isian dukungan.

Bahkan Tim IT mereka, lanjut Aniki sudah diberikan pelatihan mengenai format isian formulir model B1.KWK, yang nantinya akan diinput ke dalam aplikasi Sistem Informasi Calon (Silon).

"Kami akan menunggu mereka hingga batas penyerahan berkas dukungan selesai yaitu tanggal 7 Agustus 2016 pukul 16.00 waktu setempat," jelasnya.

KPU Provinsi Gorontalo, sesuai Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan No.02/Kpts/KPU-Prov.027/V/2016 tentang persentase jumlah dan persebaran dukungan pasangan calon perseorangan pada Pilgub Gorontalo, minimal 80.136 dukungan yang tersebar di lebih 50 persen jumlah kabupaten/kota se-Gorontalo.

"Namun alangkah baiknya mereka sebagai bakal calon perseorangan ini, menyerahkan berkas dukungannya diawal, agar masih punya banyak waktu untuk dilakukan perbaikan," ujarnya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016