Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bone Bolango mengkampanyekan antinarkoba kepada puluhan tokoh masyarakat dari berbagai elemen di daerah tersebut.

Kepala BNNK Bone Bolango Abdul Haris Pakaya, Sabtu, mengatakan kampanye yang diikuti LSM, anggota Karang Taruna, aparat desa, tokoh adat dan tokoh agama itu mengusung tema "Menciptakan Lingkungan Masyarakat Bebas Narkoba".

Menurutnya kegiatan itu sebagai bagian dari upaya Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di daerah rawan narkoba.

Haris menilai dengan memberikan informasi yang jelas kepada tokoh masyarakat tentang bahaya narkoba, pihaknya optimistis dapat menekan lajunya penggunaan narkoba.

Selain itu, jika tokoh masyarakat benar-benar paham dan dan mengenali segala jenis dan bentuk dari narkoba, bisa menjadi penyuluh dan penyampai informasi kepada masyarakat di lingkungannya.

"Tokoh masyarakat, LSM dan Pemuda karang taruna yang hadir harus dapat menjadi garda terdepan serta sebagai mitra BNNK dalam Hal memberantas Narkoba di Bone Bolango," ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya akan melakukan monitoring dan evaluasi hasil workshop dan kampenye tersebut diaplikasikan oleh para peserta dalam masyarakat.

Kepala Seksi Rehabilitasi BNNK Bone Bolango, Muhamad Arsyad mengatakan pentingnya rehabilitasi pecandu dalam penanggulangan narkoba.

Ia memandang masyarakat wajib menerima informasi secara jelas dan benar akses terhadap fasilitas rehabilitasi bagi pecandu dan korban penyalahgunaan narkoba.

"Ini penting agar upaya P4GN dapat berjalan optimal," imbuhnya.

Pewarta: Debby Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016