Gorontalo, (ANTARAGORONTALO)- Anggota Sabhara Polda bersama Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Provinsi Gorontalo menggelar latihan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Jumat.

Komandan Kompi Dalmas Polda, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Tumpal Siallagan mengatakan, pada kegiatan tersebut diadakan pengecekan peralatan keselamatan dalam unit penyelamatan.

"Kita juga didampingi oleh Basarnas Provinsi Gorontalo, jadi bagaimana kesiapan personel Sabhara Polda Gorontalo dalam hal penanganan kebakaran," jelas AKP Tumpal.

Selain itu, kegiatan latihan tersebut dilakukan sebagai persiapan jelang pengamanan Pilkada serentak 2017 nanti.

"Dalam kegiatan ini juga kami meningkatkan sinergitas dengan instansi lain dalam hal ini adalah Basarnas Provinsi Gorontalo," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Potensi Basarnas Provinsi Gorontalo, Eddy Heryanto mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya memperkenalkan alat keselamatan yang dimiliki oleh Basarnas kepada anggota Sabhara.

"Di unit Sabhara Polda Gorontalo, mereka memiliki satu unit pengamanan dan penyelamatan, dan paling tidak dengan dikenalkannya peralatan itu, mereka dapat mengoperasikannya dengan baik," ucap Eddy.

Ia menjelaskan, dengan latihan ini juga akan terjalin sinergitas, yang kedepannya akan ditingkatkan dengan kegiatan serupa.

"Tadi juga kami berbagi cara penggunaan alat alat untuk penyelamatan korban yang terjepit, peralatan pemotong untuk membuka dan memotong saat dalam kondisi tertentu dalam penyelamatan," lanjutnya.

Sedangkan dalam hal pemadaman api, pihak Basarnas dan Polda Gorontalo melakukan simulasi pemadaman kebakaran dengan menggunakan alat pemadaman api ringan.***2***



(T.KR-ADW/B/H013/H013) 02-09-2016 10:21:44

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016