Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, mengimbau kepada warga yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), agar dilaksanakan dengan aman dan tertib, jangan pernah memancing kerusuhan.

"Belajar dari pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 21 September 2013 yang berlangsung demokratis, bisa dicontohi oleh desa-desa yang menggelar pilkades," kata bupati, Sabtu.

Ia mengimbau agar masyarakat di setiap desa yang akan menggelar pilkades, agar saling menjaga penyelenggaraannya.

"Jangan sampai pilkades menjadi rusuh," kata Bupati.

Bupati mengatakan, pilkades adalah cermin pesta demokrasi paling sederhana pada pemilihan kepemimpinan di struktur pemerintahan daerah.

Masyarakat jangan sampai terpancing isu yang dapat menyulut gangguan keamanan dan ketertiban, saat menggelar pilkades.

Sementara itu, Camat Gentuma, Marzuki Pulumodyo, mengatakan, tahun 2013 ini tercatat ada tiga desa di kecamatan tersebut akan menggelar pilkades, yaitu Desa Molonggota, Ketapang dan Gentuma Raya.

Dua desa diantaranya, yaitu Molonggota dan Ketapang karena dua kepala desa sebelumnya telah menjadi calon anggota legislatif yang terdaftar pada Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014.

Sedangkan Desa Gentuma Raya, karena kepala desa sebelumnya telah habis masa jabatannya.

Pendaftaran calon kepala desa di masing-masing desa sudah mulai di gelar oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Mereka yang berhasil terjaring sesuai syarat sebagai calon kepala desa, akan mengikuti tahapan penyampaian visi dan misi serta debat calon kepala desa.

Pewarta: Oleh Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013