Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengharapkan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) agar proaktif dan mengoptimalkan pungutan pajak daerah di desa masing-masing.

"Saya minta keseriusan kades untuk mengoptimalkan pungutan pajak dan retribusi daerah. Supaya ada kemajuan bagi pembangunan di daerah yang berdampak ke desa-desa, termasuk bagi kepala desa juga," kata Bupati pada rakor pemkab dengan kecamatan dan desa dalam rangka pembagian hasil pajak daerah ke desa tahun 2016, Senin.

Menurutnya, perlu keseriusan kepala desa untuk memaksimalkan dan mengintensifkan serta menggali potensi-potensi pendapatan daerah.

Sehingga pembagian hasil pajak daerah lebih banyak dan lebih besar lagi ke desa-desa. Dengan demikian, desa-desa maupun kepala desa bisa berkreasi dan berinovasi melalui pembagian hasil pajak daerah tersebut.

Untuk tahun 2016, anggaran pembagian hasil pajak daerah kurang lebih Rp700 juta.

"Angka Rp700 juta tidak sedikit, tapi seharusnya kepala desa bisa mendapatkan lebih banyak lagi dari angka itu, bahkan bisa capai miliaran rupiah setiap tahun yang akan dibagikan kepada kepala desa," katanya.

Namun semuanya dikembalikan kepada kinerja kepala desa itu sendiri di dalam melakukan pemungutan pajak maupun retribusi daerah.

"Makin besar jumlahnya, makin rajin melakukan pemungutan, tentu makin besar pula pembagian hasil pajak daerah yang akan peroleh setiap kepala desa, sebagai hak dari desa yang memungut pajak tersebut," tambahnya.

Menurutnya. jika dihitung-hitung kalau kepala desa bekerjakeras dan mengoptimalkan pemungutan retribusi maupun pajak daerah tahun ini target Rp3 miliar bisa tercapai, tidak hanya Rp700 juta.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016