Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Roni Imran mengimbau kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), untuk intensif berdialog dengan masyarakat.

"Peran FKUB sangat penting dalam mendukung pembangunan keagamaan yang terus diprogramkan pemerintah daerah ini," ujar Wakil Bupati, Selasa di Gorontalo.

Hal itu diungkapkannya pada sambutan membuka Musyawarah Daerah (Musda) III FKUB tingkat kabupaten ini, digelar di kantor Kementerian Agama Wilayah Kabupaten Gorontalo Utara.

Selain FKUB kata dia, disadari peran Bupati dan Wakil Bupati sangat penting dalam kelancaran kegiatan, sebagai upaya menjaga kerukukunan antar umat beragama khususnya di daerah ini yang sudah sangat kondusif.

"Kuatnya kerukunan antar umat beragama adalah modal melawan isu-isu negatif yang dapat memecah belah umat. Maka peran FKUB dalam menampung aspirasi masyarakat dan berdialog dengan tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat penting dilakukan secara intensif," ujarnya.

Termasuk membuka dialog di ruang publik terkait upaya-upaya mempertahankan kerukunan antar umat beragama dan keamanan serta kondusifitas daerah ini.

Keberadaan FKUB kata Wakil Bupati, harus dipupuk dengan baik untuk menjaga kekompakkan seluruh agama maupun elemen masyarakat di daerah ini.

Pemerintah daerah pun sangat mendukung pelaksanaan Musda tersebut, agar berjalan dengan baik untuk memilih kepengurusan FKUB yang akan mendorong kehidupan keberagaman baik agama dan suku untuk tetap damai dan rukun," ujarnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016