Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar kejuaraan pacuan kuda dan karapan roda sapi se Sulawesi, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 daerah itu.

Plt Gubernur Gorontalo, Zudan Arif Fakrulloh saat membuka kejuaraan, Kamis, mangajak seluruh masyarakat menjadikan lomba pacuan kuda

menjadi forum yang lebih besar, lebih ramai dan bisa mewadahi kebutuhan masyarakat di bidang pacuan kuda dan lomba karapan roda sapi.

"Saya berharap agar kejuaraan ini lebih ditingkatkan, jika saat ini diikuti oleh peserta dari seluruh pulau Sulawesi, tahun depan ada

dari pulau Jawa, Kalimantan, Maluku dan daerah lainnya, agar forumnya menjadi lebih besar lagi," jelasnya.

Untuk para peserta, Zudan meminta agar menjaga sportifitas di atas segala pertandingan, karena sportifitas adalah yang paling utama.

"Dengan sportivitas kemajuan olahraga apapun, termasuk pacuan kuda dan karapan roda sapi akan bisa diwujudkan," ucap Zudan Arif.

Sementara itu, Ketua Panitia kejuaraan, Iskandar Mangopa mengatakan, pada tahun ini, jumlah peserta bertambah hingga dua kali

lipat.

"Peserta pada kejuaraan kali ini untuk pacuan kuda 84 peserta, dan karapan roda sapi mencapai 54, naik dua kali lipat dibanding kejuaraan sebelumnya," jelas Iskandar.

Menurut Iskandar, untuk lebih mengembangkan kejuaraan pacuan kuda dan karapan roda sapi, Gorontalo telah layak untuk menjadi tuan rumah pada iven-iven nasional.

"Gorontalo memiliki gelanggang pacuan kuda yang besar, yaitu dengan panjang 1.600 meter dan memiliki rumput yang bagus," tutupnya.

Sekalian memperebutkan piala tetap, total hadiah pada kejuaraan tersebut sebesar Rp170 juta, yang terbagi dari kuda pacu, kuda gerobak dan karapan roda sapi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016