Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato, Provinsi Gorontalo, menyalurkan lima unit mobil ambulans untuk membantu kegiatan operasional di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) daerah itu belum lama ini.

Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras mengharapakan mobil ambulans itu dapat dimanfaatkan dengan baik dalam rangka melayani tugas kemanusiaan, terutama bagi masyarakat kurang mampu dan daerah jauh terpencil.

"Hadirnya mobil itu tentu dapat memudahkan dalam melayani kebutuhan warga di bidang kesehatan. Apalagi mereka yang sangat membutuhkan rujukan," kata Amin.

Lima kecamatan yang menerima bantuan itu, Masing-masing Kecamatan Paguat, Marisa, Motolohu, Lemito dan Waggarasi.

Ia menerangkan bahwa kondisi mobil itu dalam kondisi baru, karena pengadaannya di tahun 2016. Dengan begitu Pemerintah mengharapkan mobil itu dapat bermanfaat bagi masyarakat di daerah itu.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Pohuwato Berny Mamitoho menambahkan, total mobil ambulans yang sudah diserahkan ke kecamatan sudah tujuh unit, karena sebelumnya Bupati Syarif Mbuinga sudah menyerahkannya di Popayato dan Taluditi.

"Kami mengharapkan agar mobil itu dirawat dengan baik agar tetap nyaman saat melayani masyarakat dalam kondisi yang sedang sakit," tambahnya.

Ia mengatakan, mobil ambulans ini sebagai wujud dari perhatian pemerintah untuk memberikan akses kesehatan yang maksimal kepada rakyatnya. Karena itu juga memang menjadi amanat undang-undang.

Sebagai pemerintah juga, tentu hal-hal seperti itu menjadi tanggung jawab serta tugas untuk dapat melayani salah satu kebutuhan dasar di bidang kesehatan.

Penyerahan mobil ambulans itu masih dalam rangka hari ulang tahun Korpri ke 45 tingkat Kabupaten Pohuwato. 

Pewarta: Febriandy Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016