Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Ribuan warga memadati lokasi pembukaan parade "Walima laut" untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, di sungai Bone, Kelurahan Talumolo, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sabtu.

Pantauan ANTARA, warga memadati lokasi tersebut sejak pukul 06.00 Wita, agar dapat menyaksikan persiapan perahu yang dihiasi kertas warna-warna serta Tolangga yang berisikan kue kolombengi dan makanan lainnya.

Latief, salah seorang warga mengaku datang sejak pagi karena ingin melihat lebih dekat perahu-perahu peserta Walima laut.

"Saya tidak hanya ingin melihat parade perahu saja, tapi ingin melihat proses saat Tolangga diangkut ke atas perahu peserta, dan ternyata sejak pagi tempat ini sudah ramai," kata Latief.

Hal serupa dikatakan Hendra, menurutnya, kegiatan parade Walima laut sangat unik dan terlalu sayang untuk dilewatkan.

"Ini pertama kalinya saya melihat parade Walima laut, sangat unik karena biasanya perayaan Walima diadakan di Masjid atau di jalanan, namun ini disungai dan laut," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Gorontalo, Gafar Dude saat dilokasi pelepasan peserta parade Walima laut mengatakan, jumlah peserta pada tahun ini mencapai 78 perahu.

"Peserta dari parade tahun ini berasal dari Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD), masyarakat, sekolah-sekolah, organisasi pemuda dan wanita serta perbankan," tutup Gafar Dude.

Rute dari parade Walima laut yaitu dimulai dari sungai Bone, menuju muara, Leato, Tanjung Keramat dan kembali ke sungai Bone.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016