Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise di Jakarta.

Anugerah Parahita Ekapraya adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Kamis, menilai daerah itu mampu memenuhi berbagai kriteria penilaian dan dinyatakan memperoleh predikat utama, yakni mampu melewati level pratama dan madya.

Atas capaian itu Bupati mengatakan, ke depan Pemkab Gorontalo akan terus mendorong program untuk mewujudkan harapan pemerintah nasional dalam memberdayakan masyarakat.

Khususnya kaum perempuan dan akan melakukan penguatan yang lebih luas terhadap perlindungan anak.

"Setelah penghargaan ini kita bisa tingkatkan lagi dengan mengevaluasi hal-hal yang bisa dilakukan, sehingga demikian kita bisa mencapai predikat mentor," ungkap Bupati Nelson.

Ia mengatakan, Pemkab Gorontalo telah bekerja keras dan berkomitmen menunjukkan program-program yang bersentuhan dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Belum lagi capaian daerah ini menguat dengan adanya dukungan masyarakat tingkat bawah yang gencar menggerakkan pokja-pokja tim penggerak PKK Kabupaten Gorontalo yang dipimpin Fory Naway.

Dari hasil pembacaan penyerahan anugerah itu, Kabupaten Gorontalo menjadi daerah pertama peraih anugerah APE di Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016