Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo akan mengembangkan seluruh laboratorium di daerah tersebut, sehingga manfaatnya bisa terasa pada semua program.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Rabu, mengatakan seluruh laboratorium tersebut akan dikembangkan dengan baik, karena Pemkab Gorontalo telah memiliki Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang).

"Kita meninjau seluruh lokasi yang menjadi tempat Organisasi dan Tata Kerja (OTK) baru, dan setelah melihatnya, kita memiliki banyak aset, salah satunya laboratorium Pekerjaan Umum (PU) yang melakukan uji aspal, beton dan tanah dan lainnya," kata Bupati.

Nantinya, laboratorium PU, laboratorium air, laboratorium lingkungan dan kesehatan dan Pusat Informasi Danau Limboto semuanya

ditempatkan melalui Balitbang.

"Saat ini ada beberapa hal yang harus dibenahi, pertama adalah pembenahan kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas yang akan dibenahi dengan baik," kata Bupati saat meninjau laboratorium PU.

Menurutnya dengan pengembangan yang akan dilakukan, nantinya laboratorium PU bukan sekadar tempat pengujian internal pemerintah, tapi juga bisa memberikan pelayanan bagi masyarakat, dan juga di luar daerah.

"Bangunan akan dibenahi, dan juga peralatan uji yang ada di laboratorium PU ini akan diperbaharui, dan memungkinan juga tempat ini mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," jelas Bupati.

Bupati Nelson menambahkan, saat ini Pemkab memiliki target pada tahun 2017, yaitu peningkatan PAD Kabupaten Gorontalo sebesar 20 persen, minimal Rp25 miliar, salah satunya dari laboratorium yang ada.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017