Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo akan fokus mengembangkan potensi pariwisata di wilayah dengan garis panjang pantai mencapai 317 kilometer ini.

Bupati Indra Yasin, di Gorontalo, Kamis, mengatakan pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang layak dikembangkan selain sektor perikanan dan peternakan.

Tahun 2016, tingkat kunjungan pariwisata di daerah ini naik 200 persen dengan mengandalkan objek wisata Pulau Saronde.

Artinya, jika pemkab lebih fokus mengembangkan objek-objek wisata lain khususnya pulau-pulau cantik yang dimiliki, maka target angka kunjungan mencapai 10 ribu per tahun, diprediksi bisa dicapai.

Apalagi daerah ini memiliki 52 pulau cantik, selain Pulau Saronde, Bugisa, dan Mohonggito yang telah dikerjasamakan dengan pihak investor.

Peningkatan akses jalan dan jembatan serta penambahan fasilitas di antaranya "cottage" seperti yang dibangun di Pulau Saronde, Mohinggito, dan Pantai Minanga serta Monano akan terus dilakukan.

Menurut Bupati, pihaknya juga mendorong pengelolaan anggaran dana desa khusus di desa-desa pesisir untuk pengembangan potensi desa di sektor pariwisata.

Bupati mengatakan, target pemerintah daerah mampu menaikkan pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pariwisata lebih dari Rp24 miliar per tahun diharapkan tercapai.

"Tahun 2015, PAD baru menembus angka Rp24 miliar dari berbagai sektor pendapatan, sehingga fokus pengembangan sektor pariwisata diharapkan mampu meningkatkan pendapatan daerah yang lebih terfokus," katanya lagi.

Muaranya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat secara signifikan, ujar Bupati Indra Yasin.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017