Oleh Adiwinata Solihin



Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, mengincar kerja sama dengan pihak perhotelan untuk mempromosikan kegiatan "Petualangan Wisata Alam Pinogu".

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango, Soegondo Makmur, Selasa mengatakan, untuk lebih memperkenalkan kegiatan itu hingga ke wisatawan nasional maupun mancanegara, kerja sama dengan pihak hotel perlu dijalin.

"Promosi pariwisata butuh peran dari berbagai pihak, tidak hanya pemerintah tapi peran dari komunitas, masyarakat maupun pihak perhotelan," kata Soegondo.

Ia mengungkapkan, sudah ada beberapa nama hotel yang sudah `dikantongi` untuk dilakukan kerja sama untuk mempromosikan Petualangan Wisata Alam Pinogu kepada wisatawan.

Dispar Bone Bolango merencanakan kegiatan itu pada pertengah bulan April 2017 dan saat ini telah melakukan pembahasan dengan sejumlah komunitas seperti pencinta alam untuk sama-sama berpartisipasi.

Berbagai persiapan telah dilakukan, seperti penentuan `track` atau jalur perjalanan, panitia pelaksana sebanyak 15 orang dan teknis serta jumlah peserta.

"Awalnya kami menargetkan jumlah peserta sebanyak 100 orang, namun saat ini jumlah itu bertambah menjadi 150 orang," pungkasnya.

Pada petualangan itu juga, selain berjalan dari titik start hingga ke Desa Pinogu yang berjarak kurang lebih 37 kilometer, panitia akan menggelar lomba bagi peserta.

"Kegiatan ini akan menjadi awal dari petualangan wisata ke desa pinogu, dan akan menjadi agenda tahunan Kabupaten Bone Bolango dengan `tag line` Pesona Pinogu, dengan berbagai potensi wisata, alam, budaya serta kuliner yang ada di Pinogu," tambah Soegondo.

Soegondo menjelaskan kegiatan dimulai berangkat hingga tiba, serta penginapan, makanan dan pengananan, menjadi tanggung jawab panitia Dinas Pariwisata.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017