Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo apresiasi hadirnya organisasi profesi seperti Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi (A2K4) Indonesia di daerah itu, karena erat kaitannya dengan keselamatan pekerja itu sendiri.

Penjabat Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan organisasi profesi itu sangat penting untuk menjaga, membangun, mengembangkan dan menegakkan kode etik profesi.

"Setiap organisasi profesi harus dibangun dengan landasan integritas, kompetensi, sinergitas yang tinggi," kata Zudan saat membuka Musyawarah Wilayah ke-1 A2K4 Indonesia Wilayah Provinsi Gorontalo, Kamis.

Dirinya menekankan organisasi profesi jangan terjebak pada kompetisi, tetapi harus membangun sinergitas dengan organisasi profesi lainnya, dengan konsep sinergitas yang disebutnya "Go Creation", yakni bekerjasama untuk tujuan yang seiring.

"Belum tentu tujuannya sama, A2K4 berkreasi dengan LPJK dan lembaga-lembaga lainnya yang berhubungan dengan konstruksi, jika semua asosiasi profesi konstruksi berkumpul dan bersinergi, pasti hasil konstruksinya akan bagus," ujarnya.

Selain itu Gubernur juga mengingatkan perlunya memperhatikan konsep keseimbangan, dalam membuat sebuah karya konstruksi, dimana konstruksi yang baik harus memiliki keseimbangan dengan alam.

Zudan berharap melalui Musyawaran Wilayah (Muswil) ke-1, A2K4 tersebut konsolidasi organisasi dapat terus menerus dilaksanakan, sehingga dalam waktu secepatnya dapat dibentuk cabang A2K4 di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo.

"Dengan demikian tidak ada lagi pekerja konstruksi yang menderita. Desainnya bagus, pekerjanya juga terjamin keamanan dan kesehatannya," tutupnya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017