Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Darwan Botutihe boleh disebut orang berprestasi di Gorontalo, karena kegigihannya ia mampu "melahirkan" tiga Kelompok Usaha Bersama (Kube) ternak sapi, terutama dalam pengembangbiakan sapi bantuan pemerintah.

Berawal dari tahun 2012, KUBE Putra Mandiri yang beranggotakan 10 orang mendapat bantuan sebanyak 20 ekor sapi indukan dari Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, dan itu harus digulirkan untuk kelompok ternak yang baru.

Atas kepercayaan dari pemerintah, ia dan anggota kelompok tersebut terus berupaya memelihara dan merawat pengembangbiakan sapi indukan tersebut.

Dari jerih upaya mereka tersebut, hingga saat ini KUBE Putra Mandiri sudah melahirkan tiga kelompok baru.

"Kami sudah berhasil membentuk KUBE Putra Mandiri 1, 2 dan 3, yang masing-masing kelompok tersebut mendapat 10 ekor sapi hasil guliran dari bantuan awal 10 ekor sapi yang diberikan pada 2012 silam," ujarnya.

Baginya tidak ada kendala yang berarti dalam usaha pengembangbiakan sapi, selain ada pendampingan dari dinas terkait, kelompoknya berusaha untuk tetap menjaga kebersihan kandang dan menyediakan pakan.

"Pada dasarnya adalah bagaimana kita para petani harus paham cara memelihara ternak, terutama dari segi kesehatan dan kebersihannya, jangan sampai terserang penyakit," tuturnya.

Namun bagi Darwan, keberhasilan anggota kelompok binaanya dari segi ekonomi, mempunyai nilai dan kebanggaan tersendiri. Ada yang sudah berhasil bangun rumah, mampu membeli sawah, meskipun hanya kecil, itu semua dari guliran ternak sapi tersebut.

Ia berharap, pemerintah terus meningkatkan bantuan yang selama ini ada, untuk kelompok-kelompok baru, sehingga pertumbuhan kesejahteraan petani pun terus meningkat.

"Kami juga berharap dinas terkait untuk terus memberikan pendampingan kepada kelompok yang belum meningkat karena memang mereka masih butuh pendampingan secara berkelanjutan," tutupnya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017