Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango menggratiskan pemeriksaan kesehatan ternak sapi milik warga, sehingga program pengembangbiakan sapi di daerah itu bisa berjalan optimal.

Program ini dilakukan pada tahun 2017, khususnya pemeriksaan sapi indukan serta penyuntikan kesehatan sapi milik warga secara gratis.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou belum lama ini mengatakan, Kementerian Pertanian RI telah menargetkan kepada pemerintah Kabupaten Bone Bolango agar dapat menyediakan sebanyak 5.000 ekor sapi untuk diekspor.

Untuk itu, Pemkab Bone Bolango memprogramkan inseminasi buatan dan pemeriksaan kesehatan gratis pada sapi yang dimiliki oleh masyarakat.

Selain memenuhi kebutuhan permintaan 5.000 ekor sapi oleh Kementerian Pertanian di Kabupaten Bone Bolango, juga merupakan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat setempat.

"Pemeriksaan sapi ini tidak akan dipungut biaya atau gratis," tuturnya.

Bupati menambahkan pada tahun 2017 ini, Pemkab Bone Bolango akan menyediakan 6.000 ekor sapi remaja untuk dibagikan kepada masyarakat miskin di daerah itu.

"Semoga program ini berjalan bagus, sehingga warga miskin juga bisa berternak sapi guna membantu perekonomian keluarga," jelasnya lagi.  (Humas/adv***)

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017