Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo menerima pekerjaan program Adaptasi Perubahan Iklim (API) dari Pusat Transformasi Kebijakan Publik.

Penasihat Kebijakan Pusat Transformasi Kebijakan Publik, Bambang Wicaksono, Sabtu, mengatakan, hal tersebut dilakukan setelah setahun ini, Transformasi berhasil memfasilitasi Pemkab Gorontalo dalam mengintegrasikan strategi API ke dalam perencanaan dan anggaran pembangunan daerah.

Fokus kegiatan serah terima yaitu evaluasi program API bersama Pokja API, pembahasan rancangan dokumen RAD API Kabupaten Gorontalo dan penyerahan sejumlah dokumen serta materi komunikasi kepada Pokja API.

"Adapun kegiatan evaluasi yaitu mengukur efektivitas dan manfaat Program API dalam menjawab tantangan lingkungan dan bencana terkait iklim yang terjadi di Kabupaten Gorontalo," ia menjelaskan.

Ia mengungkapkan, kesuksesan Pemerintah Kabupaten Gorontalo dan Transformasi dalam mengintegrasikan API ke dalam perencanaan ini menarik perhatian Pemerintah Provinsi Gorontalo.

"Pemerintah Provinsi Gorontalo berencana untuk mereplikasi inisiatif tersebut pada tingkat provinsi," ia menjelaskan.

Dan untuk tindak lanjutnya, Transformasi akan melakukan pendampingan teknis untuk Bappeda Provinsi Gorontalo untuk beberapa bulan ke depan.

"Sebagai kabupaten yang tidak termasuk dalam 15 kabupaten/kota perintis pengendalian perubahan iklim, langkah cepat Kabupaten Gorontalo menginisiasi program dan anggaran API patut diapresiasi," ia menambahkan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017