Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo memiliki sekretariat Adaptasi Perubahan Iklim (API) di kantor Bappeda setempat, sebagai bentuk komitmen dalam mengendalikan perubahan iklim di daerah itu.

Sekretariat API yang diresmikan Kepala Bappeda sekaligus Ketua Kelompok Kerja (Pokja) API, Lilian Rahman, diharapkan bisa menjadi pusat informasi dan pembelajaran bagi daerah lain.

Sekretariat API dilengkapi dengan buku Kajian Kerentanan, Resiko dan Adaptasi Kabupaten Gorontalo yang disusun oleh Yayasan Transformasi dan buku pembelajaran tentang proses pengintegrasian API ke dalam perencanaan.

Selain itu sekretariat API memiliki berbagai produk komunikasi seperti peta, foto kolase kegiatan API, kliping koran, video dan foto.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pusat Transformasi Kebijakan Publik dan Bappenas/ICCTF atas bimbingan teknis untuk mengintegrasikan program adaptasi perubahan iklim ke dalam RPJMD, RKPD, Renja sembilan dinas dan RKA 2017 Pemkab Gorontalo," ia menjelaskan.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus mengaktifkan peran pokja API untuk memantau pelaksanaan kegiatan API dan mengkoordinasi perencanaan API di tahun-tahun berikutnya.

Sementara itu, Penasihat Kebijakan Pusat Transformasi Kebijakan Publik, Bambang Wicaksono, yang hadir pada acara peresmian itu mengharapkan, pendampingan kepada Pemkab Gorontalo dan program API dapat terus bergulir dan dipantau pelaksanaannya, khususnya melalui pokja API.

Pada saat bersamaan, Pusat Transformasi Kebijakan Publik melakukan serah terima pekerjaan program API kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017