Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, optimistis pelaksanaan Festival Pesona "Otanaha" 2017, yang berlangsung di situs budaya Benteng Otanaha, bisa menggaet kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik.

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, Sabtu, mengaku sektor pariwisata memegang peran penting dalam meningkatkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pendapatan warga. Untuk itu kedatangan para wisatawan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Lewat kegiatan itu diharapkan banyak para wisata lokal maupun mancanegara yang datang. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemadangan alam dari Benteng Otanaha dan beragam kegiatan yang sudah kami siapkan," katanya.

Kegiatan yang ia maksud adalah, lomba lari otanaha 10 kilo meter, pameran kuliner tradisional dan ekonomi kreatif, lomba kesenaian daerah nusantara, dialog budaya Benteng Otanaha, pemilihan putra-putri otanaha, dan lomba fotografi Benteng Otanaha.

Beragam kegiatan itu akan berlangsung tanggal 7 hingga 10 Mei 2017, sementara pembukaan dimulai Sabtu, festival itu telah dibuka secara resmi Wali Kota Gorontalo dan sejumlah unsur yang terkait.

"Dari kegiatan ini kami akan mempromosikan budaya lokal dan kuliner khas Gorontalo, seperti makanan khas Binte Biluhuta. Kuliner itu bisa dinikmati oleh para wisata," katanya.

Namun diakui Marten Taha, Kota Gorontalo kekurangan objek wisata alam. Wisata seperti itu hanya tersedia di kabupaten yang tersebar di Provinsi Gorontalo.

Untuk itu, strategi yang ia terapkan adalah dengan menyiapkan oleh-oleh khas Gorontalo, melalui produk UMKM yang dijual di daerah itu.

"Kami juga akan menyediakan sarana dan prasarana seperti hotel dan sejumlah rumah makan yang menyediakan kuliner lokal. Dengan begitu, para wisata yang mengunjungi wisata alam di luar Kota Gorontalo, bisa menginap di daerah ini, sekaligus menikmati makanan lokal," katanya.

Pewarta: Febriandy Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017