Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Serah terima jabatan (Sertijab) Gubernur Gorontalo akan dilaksanakan secara terbuka dan bisa disaksikan secara umum oleh masyarakat pada 19 Mei 2017.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa menjelaskan, Gubernur Gorontalo yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo, yakni Rusli Habibie, telah meminta kegiatan sertijab digelar secara terbuka, tidak untuk dibatasi bagi siapapun.

"Jadi nanti akan ada masyarakat yang menyaksikan langsung acara tersebut secara terbuka," kata Winarni, saat memimpin rapat persiapan Sertijab Gubernur Gorontalo, Senin.

Ia menambahkan, untuk sertijab dari Penjabat Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh ke Gubernur Gorontalo denitif akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 19 Mei 2017, pukul 14.00 Wita di halaman rumah jabatan Gubernur Gorontalo.

Setelah kegiatan sertijab, akan dilanjutkan dengan rapat paripurna DPRD Provinsi Gorontalo, dalam rangka mendengarkan pidato Gubernur Gorontalo terpilih periode 2017-2022.

"Sebelumnya pada Jumat pagi akan diawali dengan pelaksanaan pelantikan ketua penggerak PKK Provinsi Gorontalo. Kepada panitia yang telah ditunjuk untuk sebisa mungkin memaksimalkan acara tersebut," jelasnya.

Sementara itu Kepala Biro Pemerintahan Slamet Bakri menjelaskan selain sertijab dan rapat paripurna, juga akan dilaksanakan serangkaian prosesi adat baik kepada penjabat Gubernur maupun kepada Gubernur Gorontalo definitif.

"Untuk rangkaian adat Gorontalo, diawali pada hari Kamis tanggal 18 Mei, yaitu adat "Mopodepito" kepada penjabat Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh," kata Slamet Bakri.

Selanjutnya pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 2017, pukul 08.00 akan dilaksanakan adat "Mopoduoto" kepada Gubernur dan wakil Gubernur Gorontalo.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017