Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Gorontalo akan menggelar lomba tradisi "Tumbilotohe" atau malam pasang lampu jelang Idul Fitri, yang diikuti seluruh kabupaten/Kota di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Resma Kabakoran, Selasa, mengatakan, lomba festival Tumbilotohe akan digelar mulai Selasa (21/6).

"Tujuan dari lomba tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan tradisi Tumbilotohe, serta memberikan motivasi lebih kepada masyarakat maupun pemerintah kabupaten/kota untuk memperbaiki kualitas," katanya.

Pada lomba tersebut, setiap kabupaten/kota mengirimkan satu daerah yang menjadi perwakilan untuk diikutsertakan dalam lomba.

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan penilaian oleh tim juri di masing-masing lokasi yang telah ditetapkan sesuai dengan kriteria penilaian.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengembangan, Promosi dan Pertunjukan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Noura Usman menambahkan, lokasi Tumbilotohe yang akan dinilai di Kabupaten Gorontalo berada di Desa Botumoluo, Kecamatan Biluhu Timur.

Lalu Kabupaten Boalemo di Desa Ayuhulalo, Kota Gorontalo di Kecamatan Sipatana, Kabupaten Bone Bolango di Danau Perintis dan Kabupaten Gorontalo Utara di Desa Moluo.

"Festival tumbilotohe merupakan kekayaan budaya daerah yang menjadi tradisi masyarakat Gorontalo, dan dengan adanya festival Tumbilotohe, diharapkan dapat mendukung majunya pariwisata daerah," ujarnya

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017