Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Golkar Kabupaten Gorontalo Utara Thomas Mopili, diusulkan sejumlah kader dan pengurus partai tingkat kecamatan, untuk jadi calon bupati (Cabup) di Pilkada 2018.

Ketua tim penjaringan bakal calon bupati dari partai Golkar Hamzah Sidik menjelaskan saat ini telah berlangsung penjaringan bakal calon yang telah dimulai 11 Juli 2017, mayoritas banyak yang mengusulkan Thomas Mopili sebagai calon.

"Sebelum penjaringan dimulai saja, hampir 95 persen kader Golkar mulai tingkat desa hingga kecamatan dan pengurus kabupaten, mendukung Thomas Mopili kembali maju sebagai cabup Gorontalo Utara," kata Hamzah yang juga anggota DPRD Provinsi Gorontalo daerah pemilihan Gorontalo Utara, Kamis.

Saat ini penjaringan sementara berlangsung, namun dukungan atas Thomas Mopili untuk kembali sebagai cabup sudah sering disuarakan oleh kader Golkar, sehingga lewat penjaringan yang dilaksanakan secara serentak akan dibuktikan apakah benar dukungan mereka tersebut menjadi keputusan di setiap tingkatan kepengurusan.

Terkait dengan penjaringan cabup ini, pengurus Golkar di semua tingkatan bisa mengusulkan nama calon meskipun bukan dari kader internal partai, dan dalam penjaringan ini tentu menggunakan petunjuk pelaksanaan atau ketentuan peraturan partai.

"Siapapun nama diusulkan silahkan saja, namun tetap akan kembali pada mekanisme dan syarat yang ditentukan dalam aturan partai, salah satunya adalah keaktifan keanggotaan sebagai kader partai golkar sekurang-kurangnya

lima tahun, dan masih banyak lagi," ujarnya.

Saat ini sudah beberapa kecamatan yang telah selesai dilakukan penjaringan dan memang belum bisa disimpulkan namun pihaknya berharap agenda ini akan selesai tanggal 18 Juli nanti.

"Siapa nantinya yang akan diusung oleh partai Golkar murni kewenanganya ada pada pengurus pusat dalam hal ini DPP Partai Golkar," tegasnya.

Thomas Mopili sebelumnya pernah menjabat sebagai ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, kemudian pernah menjabat sebagai wakil bupati setempat.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017