Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dari Kementerian BUMN, Sandra Firmania mengatakan, kehadiran program "BUMN Hadir Untuk Negeri" benar-benar dirasakan dan menjangkau hingga pelosok negeri.

"Ada sejumlah program yang dijalankan oleh BUMN untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, dan ini serentak di Indoensia. Salah satunya adalah program Siswa Mengenal Nusantaran (SMN)," kata Sandra usai pelesapan SMN asal Gorontalo yang akan berangkat ke Provinsi Kalimantan Barat, Minggu.

Sebanyak 118 BUMN mengambil bagian menjalankan sejumlah program termasuk siswa mengenal nusantara, dan bertanggungjawab sesuai dengan wilayah provinsi yang telah ditunjuk, ada satu provinsi yang ditangani 2-3 BUMN.

"Namun ada juga satu provinsi hanya ditangani oleh satu BUMN, contohnya seperti Gorontalo, yang dikoordinir langsung oleb PT BTN," jelasnya.

Dalam ketentuan memang setiap provinsi mengirimkan 20 orang siswa tingkat SMA/SMK, 2 orang diantaranya dari Sekolah Luar Biasa (SLB).

"Ini tujuannya agar program ini merata dirasakan siswa yang di seluruh kabupaten/kota di Indonesia," tegasnya.

Program SMN ini sendiri bertujuan untuk mewujudkan rasa nasionalisme sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara, sehingga setiap anak-anak di Indonesia diharapkan memiliki jiwa nasionalisme dan tumbuh jiwa toleransi yang tinggi, karena Indonesia kaya akan suku dan budaya.

Menurutnya, ini merupakan tahun ke tiga program BUMN Hadir Untuk Negeri, dan setiap kegiatan terus dilakukan evaluasi. Namun untuk saat ini, masih ada beberapa program utama yang dijalankan selain melaksanakan upacara kemerdekaan dan SMN, juga ada bedah rumah veteran, dan jalan sehat serta menggelar pasar murah.

"Untuk bedah rumah veteran sendiri, masih cukup banyak yang perlu diperhatikan. Setiap kami ke lapangan harapan dari mereka itu terus ada. Contohnya untuk Gorontalo saat ini ada 15 rumah veteran yang dibedah," imbuhnya.

Sementara itu, Direksi BTN Budi Satria selaku penanggungjawab kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Gorontalo menjelaskan, bedah rumah veteran merupakan wujud terima kasih bangsa atas jasa mereka sebagai pahlawan kemerdekaan.

"Lewat acara ini, selain mengukuhkan rasa kebanggaan sebagai warga negara. Kami juga ingin mengenalkan peran BUMN, khususnya Bank BTN yang selalu hadir untuk negeri dengan menjadi `Agent of Development`," kata Budi.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017