Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo mengucurkan bantuan total Rp2,7 miliar untuk dua desa di Kabupaten Gorontalo Utara, yaitu Desa Langge Kecamatan Anggrek dan Desa Zuriyati Kecamatan Monano.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Jumat di Gorontalo, mengatakan, Pemprov akan terus mengucurkan bantuan bagi masyarakat di daerah itu dalam rangka percepatan peningkatan kesejahteraan.

"Bantuan ini jangan disia-siakan, harus dimanfaatkan dengan baik agar masyarakat bisa keluar dari kondisi kemiskinan," ujar Rusli.

Ia pun meyakinkan masyarakat jika bantuan tersebut baru bantuan awal, sebab masih banyak bantuan yang akan digulirkan khususnya ke daerah tempat ia pernah menjabat Bupati periode 2008-2013 itu.

Total bantuan Rp2,7 miliar tersebut terdiri dari Rp1,3 miliar untuk Desa Langge Kecamatan Anggrek, di antaranya bantuan sarana produksi budi daya air tawar senilai Rp100 juta, terdiri dari bantuan benih ikan nila untuk 3 kelompok pembudidaya sebanyak 125 ribu ekor.

Bantuan sarana budi daya laut senilai Rp422 juta terdiri dari bantuan sarana produksi bibit rumput laut satu paket untuk 7 kelompok dan bantuan pakan ikan senilai Rp36,8 juta sebanyak 1.360 kg untuk 6 kelompok.

Ditambah bantuan sarana perikanan tangkap berupa 4 unit bantuan mesin katinting 9 PK, ditambah bantuan sarana "cool box" kapasitas 120 dan 300 liter sebanyak 11 unit untuk 11 pedagang ikan.

Serta bantuan sebesar Rp1,4 miliar untuk Desa Zuriyati Kecamatan Monano, terdiri dari 120 ekor ternak sapi bali betina untuk 12 kelompok dan 70 ekor kambing PE betina dan 7 ekor jantan untuk 7 kelompok.

Bantuan-bantuan tersebut bersumber dari Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Bidang Peternakan yang bersumber dari APBD 2017.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017