Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Ketua DPRD Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Faisal Mohi mengungkap pentingnya edukasi tentang pariwisata kepada masyarakat, sehingga bisa dikenal ramah oleh wisatawan.

"Kita harus bisa mengedukasi masyarakat dalam bidang pariwisata, bagaimana masyarakat ikut terlibat dalam mengawasai, menjaga kelestarian, kebersihan dari destinasi wisata," ujar Faisal di Gorontalo, Jumat.

Apalagi katanya, Kabupaten Bone Bolango sangat terkenal dengan objek wisata alam yang hanya membutuhkan beberapa sentuhan dari pemerintah.

"Objek wisata alam harus terus dijaga, dilestarikan oleh karena itu yang perlu di dorong adalah bagaimana kesadaran dari masyarakat untuk menjaganya," ungkapnya.

Hal-hal yang masih perlu pengembangan dari objek wisata yang ada di daerah itu, menurut Faisal, adalah pembangunan fasilitas penunjang di objek-objek wisata.

"Misalnya di wilayah pantai, kita butuh sarana bilas yang representatif bagi pengunjung, dan ini akan kita atur, apalagi beberapa pejabat daerah yang mengikuti PIM IV ada beberapa program untuk pengembangan pariwisata," katanya, lagi.

Melalui program yang telah melalui survei, penelitian terkait bagaimana objek wisata Bone Bolango bisa berkembang dengan beberapa fasilitas penunjang.

"Memang pada tahun ini Pemkab Bone Bolango sangat konsentrasi dalam pengembangan pariwisata, karena merupakan salah satu program yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2106-2021," jelasnya.

Ia mengungkapkan, di Bone Bolango masih banyak objek wisata yang masih belum terjamah dan bahkan ada beberapa destinasi wisata yang dikenalkan oleh masyarakat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017