Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, mengapresiasi kegiatan advokasi dan sosialisasi penyakit kusta yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Dinas Kesehatan setempat di Limboto.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Hadijah U Tayeb, Sabtu, mengatakan tema dari kegiatan itu adalah intensifikasi penemuan kasus kusta dan frambusia melalui kampanye elminasi kusta dan eradikasi prambusia tingkat kabupaten Gorontalo tahun 2017.

"Kami berharap dengan adanya advokasi dan eliminasi dapat menemukan penyakit kusta baru untuk diobati, serta kita dapat terbebas dari penyakit kusta karena memang penyakit ini ada keterkaitanya dengan lingkungan," jelasnya.

Ia berharap kepada camat, puskesmas dibantu oleh Kepolisian dapat mensosilisasikan hingga menemukan penyakit kusta yang baru untuk diobati .

"Jika penderita kusta tidak berikan pemahaman, maka mereka akan diam di rumah karena mengangap penyakit biasa, padahal penyakit ini harus ditangani," kata Hadijah.

Ia berharap kegiatan itu dapat memotivasi masyarakat untuk melaporkan, menemukan penderita kusta agar daerah itu dapat terbebas dari penyakit tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Romi Sampir menambahkan, sehubungan dengan penyakit prambusia hingga saat ini berada pada angka nol, tetapi untuk membuktikan nol adalah akan ada pemeriksaan selama 3 tahun berturut turut sebagai bukti bahwa benar-benar kita nol dari penyakit frambusia.

Kegiatan advokasi dan sosialisasi tersebut diikuti 100 orang peserta yang terdiri dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Gorontalo, lintas program, lintas sektor, Camat dan Puskesmas.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017