Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Jemaah Haji asal Provinsi Gorontalo telah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji, baik rukun maupun wajib haji di Arab Saudi.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Misnawaty S Nuna saat dihubungi, Kamis, mengatakan seluruh jemaah haji Gorontalo yang tergabung dalam kloter 25, 28 dan 29 UPG, telah selesai melakukan rangkaian seperti wukuf, melontar jumrah, tawaf ifadah.

"Pascadi Arafah dan Mina, jemaah kembali melakukan kontrol kesehatan oleh tim kesehatan kloter, terutama jemaah lanjut usia dan resiko tinggi," katanya.

Karena menurutnya kegiatan di Arafah dan Mina sangat menguras tenaga dan tentunya ada jemaah yang mengalami kelelahan dan kondisi kesehatan yang menurun.

"Hasil pengecekan kesehatan ini yang dijadikan acuan bagi tim kesehatan untuk penanganan lebih lanjut," Jelas Misnawaty yang saat ini berada di Jeddah untuk mempersiapkan kepulanga jemaah.

Saat ini ungkap Misnawaty, seluruh Jemaah telah kembali ke maktab masing-masing termasuk jemaah sakit bernama Sau Ambo yang sempat disafari wukufkan.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa menjelaskan untuk kuota jemaah calon haji asal daerah itu pada tahun 2017 bertambah 260 orang, sehingga meningkat menjadi 974 orang.

"Ini menjadi sebuah kegembiraan bagi kita semua, tahun sebelumnya kuota jemaah calon haji asal Gorontalo hanya sekitar 714 orang," kata Winarni.

Sekda menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo dalam setiap kebijakannya selalu ingin memberikan kontribusi yang besar tidak hanya pada program ekonomi serta infrastrukur lainnya, namun juga dalam bidang keagamaan.

"Salah satunya adalah tentang komitmen pemerintah Gorontalo untuk mendukung program Kementerian Agama, khususnya dalam program pelaksanaan ibadah haji," kata Sekda.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017