Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mayjen TNI Soedarmo mengungkapkan, masyarakat memiliki peranan penting dalam menyukseskan Pemilu tahun 2019.

"Sukses pelaksanaan pemilu tidak hanya ditentukan oleh integritas penyelenggara pemilu dan dukungan pemerintah daerah, tetapi juga ditentukan oleh tingginya partisipasi pemilih yang menggunakan hak politiknya," kata Soedarmo, saat menggelar dialog politik dengan tema memperkuat peran masyarakat dalam mendukung agenda demokrasi pemilu serentak tahun 2019, Senin.

Ia mencontohkan, keberhasilan Provinsi Gorontalo menjadi daerah dengan tingkat partisipasi pemilih tertinggi di Indonesia pada pemilu 2014, adalah salah satu bukti harus bisa dipertahankan dan ditingkatkan pada pemilu serentak tahun 2019.

Menurutnya, partisipasi pemilih di Provinsi Gorontalo pada pemilu 2014 sangat tinggi, melebihi persentase nasional. Berdasarkan data Kemendagri, tingkat partisipasi pemilih pada pemilu 2014 mencapai 82,62 persen.

"Ini sungguh luar biasa, melebihi rata-rata nasional yang hanya sebesar 75 persen," ujar Soedarmo.

Dijelaskan, secara nasional terjadi penurunan persentase pemilih mulai dari pemilu 1955 sampai tahun 2014, jika pada pemilu 1955 dengan pemilih terdaftar sebanyak 37,104 juta jiwa, jumlah yang menggunakan haknya mencapai 91,41 persen.

Jumlah ini menurun drastis pada pemilu 2014 dengan jumlah pemilih sebanyak 187,852 juta jiwa, sementara pemilih yang menggunakan haknya hanya sebesar 74,30 persen.

"Inilah yang perlu kita evaluasi melalui dialog politik, forum ini bertujuan untuk lebih mendorong masyarakat dalam berpartisipasi baik dalam pemilihan kepala daerah tahun 2018 maupun pemilu serentak yang pertama kali akan digelar tahun 2019," terang Soedarmo.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan tingginya partisipasi masyarakat Provinsi Gorontalo dalam menggunakan hak suaranya tak lepas dari upaya seluruh pihak, baik pemerintah, penyelenggara pemilu, maupun partai politik dan seluruh pemangku kepentingan dalam memberikan pendidikan politik dan sosialisasi secara terus menerus.

Menurutnya, yang terpenting dalam penyelenggaraan pemilu adalah adanya pemahaman yang sama terhadap aturan perundang-undangan.

"Jangan sampai terjadi multitafsir terhadap aturan perundang-undangan antara penyelenggara pemilu, sehingga tidak menimbulkan kerawanan dan kebingungan bagi masyarakat pemilih," kata Idris.

Terkait pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018 yang akan digelar di Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara, Idris mengungkapkan bahwa sejauh ini pihak penyelenggara sudah mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan tahapan pilkada.

"KPU dan Panwaslu sudah terbentuk, demikian pula Nota Hibah Perjanjian Daerah (NHPD) sudah ditandatangani dan dimasukkan ke dalam APBD Perubahan 2017 dan APBD 2018, semoga pelaksanaan pilkada di kedua daerah itu berjalan lancar, aman, dan sukses," tutup Wagub.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017