Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan (KPP) dan UMKM Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, jalin kerja sama dengan salah satu hotel di Manado, Sulawesi Utara, guna promosikan kopi khas Pinogu.

Kepayla Dinas KPP dan UKM, Basir Noho mengungkapkan kerja sama itu untuk pertama kali pemerintah setempat lakukan di luar daerah Gorontalo.

"Kopi Pinogu nantinya akan dijadikan oleh pengelolah hotel sebagai sajian utama di setiap iven atau untuk jamuan tamu. Kopi Pinogu akan menjadi sajian resmi di hotel itu," katanya, Rabu.

Ia menjelaskan, pengelolah hotel setiap bulan meminta dikirmkan 100 kg Kopi Pinogu yang dibagi 85 kg bubuk dan sisanya di sangrai dan itu akan dilakukan terus-menerus.

Kopi itu, lanjut Basir, diambil dari pengelolah yang berasal dari Kecamatan Pinogu. Langkah ini sekaligus mensejahterakan petani selaku produsen kopi Pinogu.

"Kami mengharapkan hotel itu bisa memperkenalkan kopi Pinogu kepada seluruh masyarakat pengunjung dan bisa diterima semua kalangan. Apalagi hotel itu sudah sekelas bintang empat," katanya lagi.

Tambahnya, hasil uji laboratorium menunjukan kopi Pinogu memiliki kadar cafein sebesar 0.61 dan kopi ini berjenis Robusta.

Selain itu, Basir mengatakan, mereka sudah bekerjasama dengan salah satu hotel yang ada di Gorontalo. Dan selanjutnya akan terus diperluas ke hotel besar lainnya.

"Dengan begitu kami juga mengharapkan kopi Pinogu bisa sejajar dengan kopi lainnya, seperti dari Aceh dan Toraja," tutupnya.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017